Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

May 20 2014

Karakter webometrics & 4icu dalam world class university

Published by at 7:55 am under 4icu,Webometrics

Tidak semua memahami penekanan indikator yang dilakukan oleh pihak2 dalam mendukung pola world class university, terutama pada pola 'karakter' webometrics dan 4icu. Tentu ini mempengaruhi resistensi terhadap sistem perankingan ini jika tidak bisa meilihat secara proporsional,  banyak pihak yang menganggap bahwa ranking ini hanya semata angka, tidak pada pada dataran filosofis, kenapa angka itu bisa muncul dari faktor prestasi yang mana?
Webometrics ranking
Webometrics ranking menekankan kepada pentingnya komunikasi antar web perguruan tinggi, pola ini menerapkan konsep web 2.0 yang artinya terjadi dorongan sesama web memiliki jalinan, webometrics juga memberikan penekanan filosofis dalam pembedayaan media online untuk menyusun keterbukaan ilmu dalam media online, dengan penekananan pada karya ilmiah, jurnal dll yang menunjang pola mencerdaskan dunia dengan kajian bermutu tinggi dari perguruan tinggi.

4icu ranking
4icu ranking menekankan kepada jalinan antar web dan penekanan pemanfaatan media online dari rating aksesnya, sehingga dari sini sangat kelihatan harapan dari metode penilaian ini web mampu dipercaya oleh web lain dalam konsep web 2.0, dengan melihat kekuatan jalinan web, tidak sekedar menjalin asal-asalan, sehingga mempengaruhi minat stakeholder untuk semakin bergantung kepada media online dalam kebutuhan informasi, misal untuk kepentingan mahasiwa, dengan info layanan akademis dan administratif.

Dari keduanya, webometrics ranking dan 4icu ranking dapat menjadi paramater sejauh mana perguruan tinggi memiliki disiplin administrasi onlinenya karena keteraturan di offline harus diimbangi juga keteraturan di media online dalam konsep keterbukaan potensi, sistem di instistusi pendidikan.

Namun 4icu ranking dan webometrics ranking tidak simetris dengan penilaian BAN PT, sehingga jangan latah selalu melakukan komparasi HEAD TO HEAD keduanya dengan hasil akredistasi BAN PT. Dorongan setiap penilaian world class university sebenernya memiliki kekuatan yang bagus dalam menyatukan persepsi dalam penyususnan action plan perguruan tinggi, namun menggunakan bahasa yang integrasi dengan rencana lain kaena juga berkenaan dengan kesiapan SDM dan infrastuktur.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply