Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Mar 04 2014

Pentingnya Pemilahan aspek strategis dan taktis dalam optimalisasi webometrics

Published by at 1:05 pm under Webometrics

DI tahun 2013, merasakan perjalanan  5 tahun menggeluti webometrics ranking  untuk UII, juga ada pengalaman beberapa kali ngisi sharing ke perguruan tinggi lain, ternyata ada benang merah yg bisa diambil, hingga sy rumuskan dalam bentuk file excell. Yaitu perlunya menyusun strategi komprehensif dalam mengoptimalkan sumber daya perguruan tinggi, agar memiliki perjuangan maksimal membenahi media onlinenya, yang nantinya berdampak pada kualitas publisitas, salah satunya berdampak kepada webometrics ranking.

Memang tidak bisa dengan mudah memberikan penekanan kepada SDM peguruan tinggi dengen begitu saja lewat seminar, rapat dll, karena perlunya  penyusunan peta resistensi di internal yang harusnya dipahami dahulu. Peta resistensi seperti kekuatan yang kontra produktif, menurut saya. Karena pada kelanjutan program, maka jika resistensi ini merata di level2 manajemen, bisa memjadikan keraguan para optimatornya, bisa menjadikan semangat yang menurun, di sisi lain ada embrio untuk menjadikan susunan tim beganti-ganti karena keraguan itu, ini yg harus dirumuskan di awal.

Masalah teknis berkenaan dengan sumber daya IT dari sisi hardware dan software, juga menjadi salah satu pokok penilaian awal, karena memang kadang TOp Management semangat penuh, namun ada kendala di level menengah berkenaan infrastruktur, sehingga dari awal perlu dipilah potensia masing-masing unit, di matana sebenernya bisa dilakukan dengan PRE TES, dan interview, atau dengan kertas Harapan yang diisi secara spontan.  Namun, biasanya harapan tinggi terhadap infrastuktur juga kurang beralasan, di beberapa lini, karena ketidaktahuan yg merata terhadap kebutuhan yg sebenernya, misal ada yg minta dibelikan laptop untuk semua tim di fakultas dan prodi, kita tahu itu tidak korelatif terhadap prestasi media online, karena memang pada dasarnya harus diukur kekuatan IT di luar Laptop itu sendiri,  jangan jangan hanya sebagai alasan, mumpun ada kegiatan optimalisasi webometrics, mengajulan laptop ah..
Masalah lain berkenaan dengan kedispilinan, ini penting, karena biasanya ada korelasi, orangt2 yang tidak disiplin memiliki argumen yg tinggi, semata bukan memajukan institusi, namun lebih kepada upaya menutupi lubang2 dengan susunan alasan yang berlapis, dan sengaja dibenturkan agar masuk akal. Yah kalau memang tidak disiplin, yah yang harus berubah orangnya, bukan sistemnya saja.  Sehingga perlu dibagi kepada titip fungsi dan operasi, misal adanya KIP, SOP dan Performance Indicator, dan 6 hal lainnya, agar semakin terukur.

Dan masih banyak lainnnya, buannyaak, namun itu dulu lah yang terpenting adalah tidak semua upaya dalam optimalisasi webometrics itu bersifat strategis, ada di beberapa lini bersifat taktis, bahkan sangat taktis, sehingga jika kita memang tidak memilah dengan baik, maka energi dalam memacu peningkattan media online perguruan tinggi akan terbuang, dan beberapa hal tidak tercapai.

Setelah pemilahan aspek strategis dan taktis dalam optimalisasi webometrics ranking, tinggal menyusun TIM yang tepat, dengan kualifikasi pada 2 aspek tersebut, jangan asal nyomot orang..  nanti malah bisa jadi batu sandungan.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply