Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Mar 04 2014

Pentingnya Kebijakan mendukung sukses webometrics

Published by at 2:01 pm under Webometrics

Saya ingat di sebuah perguruan tinggi di Jateng, ketika mengundang saya sharing berkenaan webometrics ranking, sibuk dengan fokus kepada aspek teknis, sehingga lupa merumuskan aspek KEBIJAKAN, padahal itu penting. Karena dengan kebijakan dari pimpinan universitas maka seakan ada mesin pendorong untuk melaju, ibarat mobil ada dukungan bahan bakar, sopir dan izin, tidak hanya faktor teknis mobil yg harus kerawat dll.

Sehingga optimalisasi webometrics ranking yang mendasarm, yah dimulai dari kebijakan pimpinan tertinggi, agar itu menjadi bagian dari kekuatan yg integratif, yang menyatu dengan aktifitas harian di semua lini.  Pernah mendampingi sebuah Pergutuan tinggi negeri, antara pimpinan dan bagian IT nya tidak match, kurang komunikatif dan lempar tanggungjawab, sy sampai bingung ini, kok bisa bagian IT sepertinya lebih berkuasa dari pimpinan perguruan tingginya?

Dalam perjalanan memang ada kemajuan berarti setelah kebijakan diperjelas, disosialisasikan, ditindaklanjuti dengan monitoring yg jelas. Sehingga webometrics ranking mungkin bukan tujuan utama, tetapi sinergi didalam perguruan tinggi, serempak, sejalan, dan saling beriringan untuk memperbaiki aspek publikasi di media online menjadi tujuan utama.

Kebijakan ini menjadi awal dari segalanya, yang kadang dilupakan dari penggiat IT untuk webometrics, yang mungkin ide untuk optimalisasi webometrics muncul dari tengah, middle management. Karena mungkin saja ada benturan kepentingan, benturan waktu, benturan harapan, benturan kesibukan yang itu perlu sebuah 'alat menerobos'  dari crowditnya  SDM di dunia pendidikan, yg memang beda budaya kerjanya dengan perusahaan-perusahaan yg penuh tantangan karir.

Kebijakan akan menjadikan semua lini 'peduli', tanpa kepedulian, baik dari mahasiswa, alumni, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan lainnya maka webometrics kurang nonjok hasilnya, karena webometrics ranking adalah impact dari prestasi kolektif.

So, aturlah sebaik mungkin agar ada kejelasan yang memang semakin baik dan menjadi terbaik dalam mengoptimalikan webometrics, dengan kebijakan sebagai restu awal.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply