Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Feb 21 2014

Akreditasi BAN-PT kok dibandingkan Webometrics ranking?

Published by at 4:18 pm under Webometrics

Sudah berkali-kali memberikan pelatihan webometrics, seminar webometrics, workshop webometrics semuanya pernah saya rasakan dan pasti sy temukan resistensi terhadap webometrics ranking, bahkan menjadi narasumber di sebuah institusi yg nun jauh di sana, ada salah satu pimpinannya malah ngantuk2 dengerin presentasi saya, tapi bawahannya semangat luar biasa untuk meningkatkan ranking webometrics, ternyata dalam perjalanan cukup lama sy dengar kabar karena memamn beliau hanya mau tahu akreditasi BAN PT saja, memang masih banyak memandang webometrics sebelah mata, malah mengatakan penilaian Akreditasi model BAN PT lebih baik dari Webometrics ranking, pemahaman yg umum dalam kondisi saat ini; walau porsinya tidak sepenuhanya tepat.

Sy sendiri merasa bahwa webometrics ranking bukan rival yang sifatnya head to head dengan Akreditas BAN PT, ada istilah pribadi "salah komparasi jika keduanya dibandingkan head to head".

  1. Penilaian BAN PT, bersifat kualitatif meski ada skor dari asesor, tapi ada deviasinya, sedangkan webometrics kuantitatif terbuka angka pencapaiannya 24 jam per elemennya, di Google, Majestics, Ahrefs dll
  2. Penilaian BAN PT persepsional, artinya masing-masing asesor bisa saja berbeda memberikan nilai atas point dari obyek  kualitas yg sama. Sedang webometrics bersifat FIX, sebuah angka yang diambil dari search engine dan media valid lainnya.
  3. Penilain BAN PT karakteristik lokal, khas Indonesia, orang SPANYOL belum tentu paham model penilaiannya, dan aspek nya, sehingga belum tentu bisa nilai Akreditasi BAN PT di Indonesia dibandingkan dengan Akreditasi di SPANYOL, secara head to head. Sedangkan webometrics, nilai dari Indonesia mau dibandingkan seluruh dunia, metode penilaian sama, tidak ada yang berbeda antara negara, dan sifatnya komparatif, sangat bisa dibandingkan antar pretasi perguruan tinggi antar negara, antar benua.
  4. Penilaian BAN PT memiliki proses pencapaian tertutup, artinya tidak bisa di akses online, bahwa point dari masing-masing aspek penilaian sebuah perguruan tinggi berapa saja, itu sulit, yang tahu tentu asesor dan BAN PT, namun di weboemetrics ranking, mau liat pencapaian prestasi online 24 jam secara terbuka tidak masalah,  mau lihat perguruan tinggi di USA, point dari eleman ke 4 webometircs di menit ini di berapa, maka tetap bisa.   Atau ponti eleman ke 1 webometrics antara  UGM dengan ITB< bisa dipantau setiap menit oleh seluruh individu sedunia.
  5. Penilaian BAN PT bersifat menyeluruh, sedang webometrics ranking hanya dari sisi media online saja.

Sehingga yah maklum saja, kalau masih ada yang merasa bahwa penilaian dalam akreditasi BAN PT dianggap rival nya webometrics ranking, karena saking tidak tahunya, atau tahu namun hanya sekilas saja.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply