Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Jul 24 2013

Parameter Pemeringkatan 4icu dan Webometrics

Published by at 2:21 pm under Webometrics

Pro kontra terhadap sebuah penilaian, apalagi yg mengarah kepada diri kita atau organisasi kita itu sudah biasa. Intepretasi terhadap sistem penilaian itu, menjadi bahan perbincangan, sebagai bentuk peralihan pembicaraan dari "seberapa prestasimu?". Sudah umum penilaian itu bisa saja 'sangat dibenci jika membahayakan bagi jabatan atau penilaian prestasi jabatannya.

Namun saya bersyukur, bahwa ada pula yang masih menerima fungsi dari pemeringkatan webometrics dan 4icu sebagai bentuk benchmarking untuk media online, walau secara langsung itu menukik kepada penilaian prestasi online dari beliau-beliau ini. Salut yg care ini.

Lalu apa sebenernya parameter dari pemeringkatan 4icu dan webometrics?

Beberapa kali paramater penilaian ini mengalami perubahan, termasuk untuk 4icu Juli 2013, banyak pergeseran posisi perguruan tinggi di 10 besarnya, karena 4icu merevisi parameternya, sehingga jika dilihat di Juli 2013, 4icu  fokus pada parameter tebarunya sebagai berikut

Untuk web ranking dari 4icu, informasi  terbaru Juli 2013, yang menjadikan banyak perubahn posisi, indikator ini sangat kental dengan istilah teknis

  1. Page Rank
  2. Majestic SEO  Referring
  3. Majestic SEO Citation Flow
  4. Majestic SEO Trust Flow
  5. Alexa Rank
Sedang untuk Webometrics, ada 4 faktor sebagai berikut (mohon maaf ini ada perubahan dari website webometrics), sehingga mungkin tidak sama dengan media lain yg menyajikan parameter lama, ada 2 kelompok parameter.

Visibility (50%)

Impact,  adalah kualitas tautan eksternal dari web lain dengan data visibilitynya memanfaatkan sajian data dari  2  mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

Activity (50%)

Terdiri dari 3 Indikator

  1. Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2012) dan di Google Scholar (tahun 2007-2012)
  2. Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.
  3. Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).
Setidaknya itu, saya coba edit2 lagi di waktu mendatang.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply