Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Feb 19 2013

Webometrics Rangking , dari perspektif marketing

Published by at 3:31 pm under Webometrics

Apa ujung dari upaya marketing, adalah persepsi, itu penting dipahami. Jika ada yang memahami ujung dari marketing adalah penjualan/transaksi mungkin itu belum tepat, apalagi diukur hanya dari jumlah mahasiswa baru yang masuk. Sehingag tidak akan ketemu nalar jika rangking webometrics berbanding jumlah mahasiswa baru, karena webometris mencakup hingga pelosok dunia, mungkin saja perguruan tinggi di Afrika yang di ranking dunianya, di bawah perguruan tinggi kita jadi penasaran, dan mengalisa web perguruan tinggi diatasnya, sehingga yang awalnya tidak dikenal menjadi lebih mengenal. Tidak harus mereka menjadi mahasiswa baru kita, namun jika kerjasama kedua perguruan tinggi terbentuk, maka itu sudah upaya marketing yang baik.

Sehingga ketika webometrics dikaitkan dengan APAKAH BISA MENAMBAH MINAT MAHASISWA baru, justru ini pertanyaan kontroversial, karena tidak setiap langkah perbaikan harus berujung kepada indikator kenaikan jumlah pendaftar di mahasiswa baru.

Apakah setiap Aktifitas harus korelatif dengan kenaikan animo mahasiswa baru?

  • Apa mengirim 20 dosen kuliah S3?
  • Apakah mengirim tim Kejuaraan Lomba Olahrag?
  • Apakah mengirim tim lomba panjat dinding?
  • Apakah mengirim tim bantuan sosial dalam bencana?

Tentu tidak harus berujung kepada Angka kunatitatif di mahasiswa baru, kemudian

  1. Apakah webometrics akan memperbaikan perguruan tinggi secara keseluruhan?
  2. Apakah webometrics benar menjadi ukuran kualitas perguruan tinggi?

Saya mungkin hanya tersenyum jika ada pertanyaan seperti itu dilontarkan dengan nada sinis, kenapa? Berarti dia belum mengenal Webometrics secara utuh, ngertinya cuma webometrics itu "ranking" saja, dan segala upaya yang dilakukan hanya untuk ranking,

Waduh, kalau ada yang memikirkan seperti itu sebaiknya melihat kembali apa indikator dari webometrics, sudah jelas keterbukan media digital perguruan tinggi mulai dari jurnal, karya ilmiah, blog dosen, analisa, materi penting, semua agar perguruang tinggi care terhadap pembangunan oleh masyarakat.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply