Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Feb 19 2013

peningkatan webometrics ranking via social media

Published by at 3:35 pm under Webometrics

Social media adalah media 2 arah atau lebih, hal ini sangat cocok untuk memberikan sedikit pacuan terhadap webometric ranking bagi perguruan tinggi.  Semua ini karena social media adalah bersifat day to day dan one to one sekaligus one to many.

Kenapa social media bisa memberikan dampak peningkatan webometrics ranking? Kita perlu ingat bahwa dari sekian parameter webometrics ranking ada visibility, yang berbentuk inbound link, dari sekian banyak yang saya terapkan untuk memacu webometrics ranking yaitu meningkatkan distribusi informasi terhadap kualitas konten dari subdomain web di seluruh UII yang menarik dan kita gunakan social media untuk memacu adanya visibility yang generic, bukan rekayasa.

Visibilty yang generic memacu adanya one way link, sedang search engine sangat peduli terhadap one way link. Lalu bagaiman dengan two way link? Keduanya sama namun dari sisi quality backlink maka one way linik adalah yang terbaik.

Dari sisi filosofis, one way link bersifat referer, referensi dan two link adalah social, exchange dan friendship. Sehingga mungkin saja Visibility dari social media tidak tercakup dalam perhitungan, tapi stimulasi kepada  teman2 di jaringan  bisa berdampak kepada ketertarikan dari konten web, sehingga rela memberikan link di blog mereka.

Tentu dalam menbuka distribusi informasi untuk visibilty generic, ini sangat bagus, namun dari sekian banyak yang saya coba hanya sekitar 8 social media yang  efektif dalam memacu visibilty yang generic dan sekaligus inbound linknya mudah terbaca Yahoo.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply