Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Feb 03 2012

Webometris januari 2012, UII naik menjadi ranking 13

Published by at 10:11 am under Webometrics

Alhamdulillah, Allah menunjukkan kuasanya, UII akhirnya naik peringkat di Webometrics Januari 2012 yang pengumumannya dirilis 3 Februari 2012. Dari ranking 17 menjadi 13, sebuah prestasi.

Webometrics ini bukanlah tujuan, tetapi benchmarking dalam standar publikasi online perguruan tinggi tingkat dunia, sehingga sudah pasti tidak perlu diperdebatkan penting tidak pentingnya, karena memahami webometrics secara utuh maka niatannya memanng baik, kecuali kita hanya memahami sekilas, sepotong dan lebih melihat elemennya bukan tujuan awalnya.

Webometrics menyadarkan perguruan tinggi pentingnya publikasi karya untuk membangun bangsa, masyarakat dan dunia.

Memang upaya-upaya untuk meningkatkan publikasi ini "menyentuh" area zona nyaman para stakeholder internal, seperti masih ingat ketika penerapan ISO Management dahulu, resistensi justru muncul dari yang terusik, mengajak kepada area perdebatan yang tiada ujung untuk menjadikan alasan tidak berpartisipasinya.

Namun setidaknya, begitulah di negara lain, jika kita mengukur di negara sendiri memang yang nyaman lebih penting daripada berupaya yang selalu terukur rutin, 6 bulanan misalnya.

Sebaiknya ukuran kuantitatif yang komparable memang menjadikan sebagai cermin


One response so far

One Response to “Webometris januari 2012, UII naik menjadi ranking 13”

  1. E. Mustofaon 06 Feb 2012 at 1:16 pm

    Alhamdulillah....

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply