Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Jul 29 2011

webometrics ranking universities

Published by at 10:20 pm under Webometrics

Webometrics ranking, saat ini menjadi perbincangan dikalangan akademisi dilingkungan perguruan tinggi, pro kontra masih melekat pada perbincangan tersebut. Namun setidaknya webometrics ranking telah membuat banyak pihak di dunia merasakan bagaimana komparasi nyata antar perguruan tinggi tidak saja se indonesia tetapi seluruh dunia.

Untuk meningkatkan kepedulian dalam kualitas webometrics ranking memang tidak mudah, namun ini tantangan publisitas dan keterbukaan dunia. Sehingga dari listing perguruan tinggi di webometrics ranking yang dimulai dari yang terbaik bisa kita lihat sejauh mana sebenernya perguruan tinggi yang bisa menduduki webometrics ranking .paling atas dan seterusnya

webometrics ranking bisa menjadikan peta deskriptif, bahwa ada perguruan tinggi yang hebat di berbagai negara sehingga tidak saja kita mengenal adanya perguruan tinggi dari milis, dari teman, dari cerita, dari blog2, dari milis/situs beasiswa, tetapi juga bisa mencari secara mandiri di web webometrics. Persoalan apakah secara absolut penilaian webometrics ranking memiliki akurasi terhadap kualitas yang Anda bayangkan dan inginkan, itu bisa digali lebih lanjut, namun tentu menjadi kan referensi bagi akademisi perguruan tinggi bahwa ada "yellow pages" dunia tentang perguruan tinggi.

Tentu seiring waktu webometrics ranking akan menjadi isyu yang tetap berkembang, dan dari sanalah manfaat akan terus dirasakan walau itu bukan dari sisi akurasi webometrics ranking systemnya.

One response so far

One Response to “webometrics ranking universities”

  1. Ngadminon 26 Oct 2011 at 1:55 am

    Tentu seiring waktu webometrics ranking akan menjadi isyu yang tetap berkembang, dan dari sanalah manfaat akan terus dirasakan walau itu bukan dari sisi akurasi webometrics ranking systemnya.

    Imho, ada dua persoalan terkait webometrics ini
    1. sistem penilaian yang berbeda-beda antara satu edisi ke edisi berikutnya. misal tadinya scholar adalah 20 tahun terakhir, lalu diubah menjadi 5 tahun terakhir.
    2. adanya ketidakstabilan mesin pencari. kita gak tahu kapan si webo ngambil datanya. pokoke kan dibilang januari n juli. nah pasnya kapan gak tahu. bisa jadi saja si webo ngambil pas webnya down dan gak dicache sama mesin pencari.

    cmiiw miaw miaw

    Saya kira sebuah kewajaran jika penilaian dalam aspek teknologi berkembang terus karena kemudahan2 secara onlline yang ditawarkan sudah mulai tampak. Dan perubahan ini selalu sebagai external drivem bagi perguruatn tinggi, sehingga ketika internal driven sudah baik, maka sebenernya perubahan itu hanya sebagai bentuk adaptasi di era informasi. Perubahan penilaian tidak menyebabkan gedung kampus runtuh kok hehehe

    Web perguruan tinggi mati 1 hari servernya tidak pengaruh apapun ke penilaian karena pada dasarnya Webometrics tidak melakukan assesment ke server peguruan tinggi tetapi kepada data center search engine.

    Selama ini naik turun? saya yakin iya karena mungkin memakai google.co.id, sudah kah memakai google.com yang datacenternya lebih stabil?

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply