Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Jul 30 2011

Webometrics Juli 2011, kenapa etika publikasi sempat diabaikan

Published by at 10:44 pm under Webometrics

Melongok hasil webometrics juli 2011, memang ada banyak kejutan dan itulah indahnya webometrics ranking universities versi ini, ketika UI menjadi no 1, dan unggul dari UGM dan ITB  ini cukup menarik, tentu banyak yang akan menganalisa dan masuk ke web ketiganya.

Tapi bukan itu sebenernya yang membuat sedih, tapi kenapa webometrics juli 2011 dipenuhi intrick dari beberapa perguruan tinggi yang mengabaikan HAKI dan Copyright, ketika ada banyak file bukan sebagai hasil potensi perguruan tinggi tersebut, diupload dan menjadi bagian penilaian di sisi Google Scholar. Hemmmm masak sih panduan sebuah Software ikut diupload ke sebuah perguruan tinggi itu? Padahal itu adalah panduan yang melampiri pembelian Software yang  bersifat terbatas dan premium?

Ada juga nota sobek di-scan, padahal itu bukan bagian dari informasi yang berkualitas, ada undangan robekyang juga bukan sebagai bentuk dokumen akademis. Semua ini memang persoalan hati nurani saja, etis dan tidak etis ketika sebuah web khusus berkenaan karya ilmiah di masuki dokumen sekedar menambah2 bobot penilaian di rich file PDF.

Namun itulah, ketika Quality Content bukan tujuan lagi, semata kuantitas. Namun webometrics juli 2011 memang membuat kita merasa, ada perbedaa strategi dalam mengikuti persaingan ini.

Bersyukur UII tidak dibutakan upayanya mengupload dok yang melanggar HKI, karena quality content adalah bagian dari pendidikan masyarakat.

Sukses webometrics juli 2011

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply