Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Jul 29 2011

Webometrics dari sisi marketing

Published by at 6:12 pm under Webometrics

Marketing dimulai dari adanya awareness terhadap brand, sehingga ketika perguruan tinggi mengedepankan publisitas dari hasil kompetisi tingkat dunia seperti webometrics, sangat berpengaruh terhadap brand perguruan tinggi di tingkat nasional maupun internasional.

Namun memang tidak semua perguruan tinggi merasa bahwa publikasi otomatis dari hasil perankingan webometrics menjadi penting, setidaknya untuk kelanjutan promosi program paska sarjana. Bukankah mahasiswa S3, S3 bisa begitu luasa targetnya, sehingga bisa antar negara. Jika menggunakan promosi manual, konvensional,sejauh mana kekuatannya, karena tentu ketika publikasi yang tanpa predikat bersifat diskriptif dalam marketing, atau maksimal dalam persuasi media.

Sehingga ketika keberadaan webometrics sebagai salah satu  marketingtool kelas internasional yang berdampak pada awareness kemudian reputasi dan akhirnya pada martabatnya, memiiliki nilai lebih daripada deskriptif.

Saat ini semakin banyak media yang peduli kepada hasil pemeringkatan webometrics, sehingga pengakuan masyrakat yang bersifat inner, dan soft selling akan membantu perguruan tinggi yang mempunyai point baik di webometrics.

komparasi antar perguruan tinggi yang berbeda negara dan beda benua, secara kuntitatif, webometrics lah jawabannya.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply