Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Jul 31 2011

Koneksi Visibility Webometrics dengan Social Media

Published by at 11:45 am under Webometrics

Social media adalah media 2 arah atau lebih, hal ini sangat cocok untuk memberikan sedikit pacuan terhadap webometric ranking bagi perguruan tinggi.  Semua ini karena social media adalah bersifat day to day dan one to one sekaligus one to many.

Kenapa social media bisa memberikan dampak peningkatan webometrics ranking? Kita perlu ingat bahwa dari sekian parameter webometrics ranking ada visibility, yang berbentuk inbound link, dari sekian banyak metode yang saya terapkan maka  meningkatkan kualitas distribusi informasi adanya  konten kualitas dari stakeholder  UII melalu jalur  social media, yang berdampak adanya perhatian dalam scope pertemanan di social modeia untuk merespon,misal menereruskan, merekomendasikan, mencadikan catatan, juga berbentuk memberikan feedback dalam media online lain berbentuk referensi, backlink dampaknya. Dalam istilah bakunya, visibility yang generic, bukan rekayasa.

Visibilty yang generic memacu adanya one way link, sedang search engine sangat peduli terhadap one way link. Lalu bagaiman dengan two way link? Keduanya sama namun dari sisi quality backlink maka one way linik adalah yang terbaik.

Dari sisi filosofis, one way link bersifat referer, referensi dan two link adalah social, exchange dan friendship.

Sehingga dalam membuka distribusi informasi untuk visibilty generic, ini sangat bagus, namun dari sekian banyak yang saya coba hanya sekitar 8 social media yang  efektif dalam memacu visibilty yang generic dan sekaligus inbound linknya mudah terbaca Yahoo.

bl webo

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply