Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

May 10 2010

Konsultan Webometrics, antara kekuatan eksternal dan obyektifitas

Published by at 5:34 am under Webometrics

Webometrics sebagai isyu di perguruan tinggi Indonesia beberapa tahun lalu memang masih dipertentangkan namun sejalan dengan "diakuinya" oleh beberapa perguruan tinggi besar termasuk perguruan tinggi negeri Islam maka optimalisasi web webometrics sudah menjadi tujuan dan dijadikan program tahunan dan banyak yang menggunakan konsultan webometrics dari luar institusi.

Konsultan webometrics merupakan tim yang secara khusus dan strategis digunakan untuk memantau dan analisa web perguruan tinggi dan berkelanjutan sebagai inspirasi program terencana untuk memperbaiki sistem terutama dalam web dan manajemen tim web yang diharapkan menjadi tumpuan harapan institusi klien nya untuk mencoba melihat keluar ,yaitu membuka mata terhadap perkembangan web perguruan tinggi lain dan tantangan global.

Dalam beberapa bulan ini saya diminta mengisi workshop webometrics di beberapa perguruan tinggi baik swasta maupun negeri berkenaan dengan Strategi Penaikan Ranking Webometrics dan nilai strategis konsultan webometrics. Dalam materi ini saya sampaikan nilai strategis dan nilai minus pengunaan konsultan webometrics.

Konsultan Webometrics

Konsultam webometrics dapat diposisikan sebagai piha ekternal yang independen dan obyektif untuk melihat kedalam sebuah institusi dengan teknik reviewer yang sistematism sehingga keberadaan konsultasn webometrics adalah upaya untuk membangun kesetaraaan dengan tantangan dunia luar.

Konsultan webometrics sebagai kekuatan eksternal yang lebur

Menjadi konsultan webometrics pun perlu upaya memahami faktor SDM dibidang IT dalam sebuah perguruan tinggi secara melebur ke dalam gambaran sistem dan insfrastuktur. Disadari awarness terhadap kemanfaaatan webometrics terkadang belum merata disemua lini yang seharusnya membantu kesuksesan dalam mencapai ranking webometrics. Sehingga konsultan webometrics menjadi acuan utama untuk menjadikan web perguruan tinggi dan SDM ITnya bergeralk secara simultan menuju persaiangan global dengan salah satu faktornya yaitu keterbukaan perguruan tinggi terhadap hasil karya ilmiah, jurnal, skripsi, dan materi lainnya.  Sehingga konsultan webometrics harus visioner dan dapat menjadi kekuatan eksternal untuk menggambarkan tantangan keluar dengan optimalisasi ke dalam perguruan tinggi.

Sehingga kebuntuan dari Intenal perguruan tinggi dalam perbaikan kinerja bidang IT utamanya Sistem Web yang mendukung webometrics bisa dimenggunakan konsultan webometrics yang berkekuatan eksternal, sebagai kepanjangan tangan kepentingan internal dai perguruan tinggi/

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply