Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Mar 02 2009

Strategi Webometric : Pengaruh Google, Yahoo dalam menaikkan ranking PT Webometric

Published by at 1:18 am under Strategi Menang Webometric

Webometric dengan bentuk webnya yang sederhana namun saat ini mampu membangkitkan banyak perguruan tinggi dunia untuk menyadari atas kelemahan di sector publikasi webnya dengan azas kemanfaatan yang luas dan tanpa batas. Ada sebuah perguruan tinggi besar dan ternama di Indonesia yang sampai membentuk Tim lengkap dengan struktural yang formal dan ber ST (Surat Tugas) yang terdiri dari para Profesor dan Doktor. Apakah yang terjadi? Mereka mencoba memacu kenaikan ranking Perguruan Tinginya agar ranking di webometric naik drastis.

Setelah 6 bulan kemudian memang ranking nya naik, sangat signifikan. Setalah saya amati ternyata Tim itu telah menaikkan 15.000 file-file Dokumen nya selama 3 bulan, untuk memenuhi  asas R dalam Webometric :

Rich Files (R)
Jumlah muatan atau volume file yang ada di situs Universitas dengan kententuan format file adalah: pdf, doc, ppt, ps

Selain unsur R di atas, saya akan membahas unsur yang lain yaitu:

 Visibility (V):
Jumlah tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain,yang diperoleh dari mesin pencari Google, Yahoo, Live Search and Exalead.

Bagaimana mencermati dari Unsur V ini? Webometric sangat jeli dalam mempetimbangakan keterlibatan 2 seacrh engine Top Dunia saat ini yaitu Yahoo dan Google, karena keduanya merupakan gudangnya directories dan paling sering diakses di dunia.

Pengaruh Google dalam webometric
Google yang didirikan oleh Sergey Bin dan Lary Page pada tahun 1998 ini merupakan Search Engine terpopuler saat ini, sekitar 62% digunakan untuk oleh seluruh lapisan di dunia untuk beburu data di internet. Google selain seacrh engine juga memilik perangkat dan indikator yang cukup bergengsi dan parametricnya sangat subtansial, salah satunya adalah Page Rank. Masih bannyak yang lain selain Page Rank, namun pokok masalahnya adalah Google merupakan sistem algoritma internet dan web yang terbaik saat ini, untuk menentukan prioritas Page rank saja Google mengukur keterkaitan/tautan/linking web satu dengan yang lain secara algoritmik. ini yang menjadi salh satu point di webometric.

Pengaruh Google di webometric karena faktor  62% yang dihandalkan dunia, juga kemampuan mendeteksi kekayaan dan kejujuran sebuah web, Sehingga webometric yang mendorong perguruan tinggi untuk mengedepankan  azas nya yang jujur dalam inventarisasi kekayaan web nya, sangat sinkron dengan perangkat Google. Sehingga unsur Google dalam webometric selain untuk kategori V juga kategori Sc yaitu Google Scholar.

Pengaruh Yahoo dalam Webometric

Kenapa webometric menjadikan Yahoo sebagai unsur dalam penilaian? Yahoo yang sebenernya singkatan dari Yet Another Hierarchical of Ficious Oracle saat ini memiliki account email terbesar di dunia. Selain itu kepopuleran yahoo juga dalam komunikasinya, antara lain Yahoo Messenger dan Find Email. Jaringan komunitas ini merupakan bagian dari support untuk asas interlingking di webometrci baik antar personal dan antar web. Selain itu Yahoo memilliki layanan Direktories dengan Premium Cost, senilai $299, sehingga secara segmen sudah mengarah pada pola keseriusan web perguruan tinggi. Yahoo search merupakan bagian dari penyedia layanan Yahoo Directories sebagai bentuk auto sinkronis dari Directories, query dan analitik untuk result, sehingga keterkaitan web satu dengan lain salah satunya sudah terukur secara langsung dan dapat dipastikan/diorganisir dari direktories ini. Ada alat uji yg bisa digunakan oleh kita semua untuk hal ini.

Masih banyak lagi kenapa Google dan Yahoo terlibat aktif di webometric indicators, namun keterbatasan blog ini sehingga semua tidak dapat saya sampaiakan secara tertulis, harus dalam sebuah forum diskusi.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply