Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Feb 05 2009

Tujuan Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi di Indonesia

Published by ipan at 12:22 am under Sistem Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu telah disadari bentuk dan manfaatnya dalam peningkatan kualitas secara berkala di perguruan tinggi. Walau secara umum masih bersifat simboliasi dalam rancangan mutu dalam almari dan kertas. Namun setidaknya merupakan gambaran sebuah itikad perbaikan secara kelembagaan.

Secara umum penerapan sistem penjaminan mutu diperguruan tinggi mempunyai tujuan

  1. Memberikan pedoman tentang satu siklus penjaminan mutu di perguruan tinggi
  2. Memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan yang dijalankan perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholder melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi
  3. Memastikan seluruh kegitatan institussi berjalan dengan baik dan terus meningkat secara berkesinambungan
  4. Membuktikan kepada seluruh stakeholder bahwa institusi bertanggungjawab untuk mutu seluruh kegiatannya

Landasan penerapan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi adalah untuk proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholder memperoleh kepuasan.

Sistem Penjaminan MUtu sebagai bentuk sistem yang terus memonitor dan evaluasi proses pencapaian standar merupakan sebuah sistem yang harus diterima karena dampak kedepan sangatlah progresif. Baik untuk kepentingan mahasiswa maupun kepentingan perguruan tinggi.

Tentu orangtua mahasiswa selalu berharap perguruan tempat anaknya bernaung adalah pilihan terbaik, nah apakah yang bisa dijaminmkan ke orangtua mahasiswa? Sistem Penjaminan MUtu yang terimplementasi dengan baik.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

This site employs the Wavatars plugin by Shamus Young.