Sistem Penjaminan Mutu - Webometrics ranking universities

Feb 05 2009

Analisis Kritis terhadap Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi di AS

Published by at 1:17 am under Sistem Penjaminan Mutu

Kriteria Peran Pemerintah
Analisis Sangat minim. Karena memang sejak awal, UU sangat membatasi pemerintah terlibat dalam urusan publik.

Kriteria Peran institusi-institusi pendidikan tinggi
Analisis
Sangat tinggi


Kriteria Kegiatan self-regulation dikelola melalui sebuah ‘inter-university’ organization
Analisis Ya
Kriteria Proses evaluasi diri merupakan pusat atau jantungnya sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi.
Analisis Evaluasi diri dilakukan dengan mengacu pada standar pendidikan
Kriteria Validasi eksternal diperlukan di dalam sebuah ‘self-regulatory system’.
Analisis Ya. Dilakukan oleh lembaga akreditasi yang merupakan NGO dibentuk oleh asosiasi profesi
Kriteria Institusi Pendidikan Tinggi harus menyetujui kerangka atau Kriteria evaluasi (evaluation framework)
Perguruan tinggi yang tidak menyetujui kerangka evaluasi, tidak diakreditasi dan tetap masih bisa berjalan.
Kriteria Tujuan dan cara harus sejalan
Analisis Ya
Kriteria Self-regulatory system ini harus menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi dan harus ada ‘trust’ terhadap system oleh institusi pendidikan tinggi dan Pemerintah.
Analisis Pemerintah percaya kepada sistem akreditasi yang dikembangkan secara volunter oleh asosiasi profesi
Kriteria Insentif dan sanksi harus diterapkan secara proporsional sesuai tujuan sistem dan kondisi negara.
Analisis Hasil akreditasi dikaitkan dengan funding dari Pemerintah. Akan tetapi, banyak perguruan tinggi swasta yang tidak tergantung pada funding pemerintah. Walaupun beroperasi di bawah standar, tidak terkena sanksi
Kriteria Informasi yang dikumpulkan harus cukup untuk melakukan judgement secara professional
Analisis Ya

Kriteria Konsekuensi dari self-regulation harus diintegrasikan dengan fungsi perencanaan dan budgeting dari institusi tersebut dan Pemerintah.
Analisis Ya

Kriteria Self-regulation harus merupakan siklus implementasi-evaluasi-perbaikan secara berkelanjutan agar sistem ini efektif.
Analisis Belum jelas terlihat efek improvementnya.

Materi disusun dr Titi Savitri Prihatiningsih, MA, M.Med.Ed, PhD,
Dipresentasikan pada Seminar dan Workshop Nasional  “Membangun Model Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia” tanggal 27-28 Maret 2007 di Universitas Islam Indonesia

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply